Peran Media Sosial Saat Berdemokrasi

Peran media sosial dengan demokrası hubungan media sosial dengan demokrasi adalah media sosial memiliki peran bahwa penggunanya berperan secara aktif. Fakta atau hoax.Didalam otak kita ada anudala berfungsi untuk mengelola emosi dan perilaku.Kita harus memilih dan meng upload suatu video pada media sosial seperti bagaimana cara baik mengomentar, Video yang baik untuk di upload dan lain-laan. Perhatikan cara demokrasi di media sosial

JuS GaTal rumus hadapi hoax

Ju Judul harus dicek

S Sumber harus di cek

Ga Gambar atau video harus dicek.

Ta Tanya orang lain yang bisa di percaya L.

Laporkan kepada pihak yang berwenang.

Tips menghadapi hoax dengan “TBC”

T Tenang (Tetep tenang ketika menerima berita yang menarik. fokus pada konten atau substansi deiri berita yang muncul.).

B Baca (Baca, baca, baca terus dan teliti hingga menemu- kan letak kesalahan atau poin yang menandakan bahwa berita tersebut hoax)

C Cari (carilah informasi yang dapat mem validasi apakah berita tersebut hoax atau fakta).

Media sosial memiliki peran penting dalam konteks demokrasi dengan menyediakan platform untuk diskusi, pertukaran informasi, dan partisipasi publik. Namun, juga bisa menjadi wadah penyebaran informasi palsu atau memperkuat filter bubble yang membatasi paparan opini yang beragam. Dengan bijak mengelola informasi, media sosial dapat meningkatkan kesadaran politik dan keterlibatan warga dalam proses demokrasi.

 

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *